School Development

“The school development program focuses on strengthening leadership, quality of learning and improving all aspects of school management.”

Read More..

Teacher Development

“Our teacher development programs provide educators with the tools, mentors, and hands-on experience they'll need in becoming great teachers.”

Read More..

Student Development

“Preparing students to succeed for future is not only through academic training, but also equipping them with necessary life skills and good manners. Our programs offer students experiences where they can practice 21st century.”

Read More..

Literacy Program

“The power of literacy lies not just in the ability to read and write, but rather in a person’s capacity to apply the skills to effectively connect, interpret and discern the intricacies of the world in which they live.”

Read More..

Mantika Education News Update

Griya Mantika Education

Mantika Education membuka kantor baru di kawasan Sentul City, Bogor. Kantor yang bernuansa villa ini sangat nyaman dan membuat karyawan Mantika Education betah dan semangat bekerja. Kantor yang diberi nama Griya Mantika ini telah dimanfaatkan untuk kegiatan sehari-hari walaupun kantor yang di Jakarta masih tetap buka sebagai alamat surat. Jadi dengan dibukanya Griya Mantika Education, aktifitas keseharian akan lebih banyak dilakukan di Sentul City dibanding dengan di Jakarta. Selamat atas dibukanya Griya Mantika Education!

 

Yayasan Literasi Indonesia

Mantika Education menjalin kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia (YLAI) untuk distribusi buku bacaan berjenjang mulai level A sampai F yang terdiri dari 75 judul. Kerjasama ini memberi peran Mantika Education sebagai distributor buku-buku yang sekarang diminati banyak sekolah di Indonesia. Untuk tahap awal fokus distribusi di 7 provinsi yaitu Aceh, Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta dan Banten. Ikatan kerja sama ini berlangsung selama 1 tahun.

 

Pokja Papua

Pokja Papua adalah lembaga non-profit yang bekerja untuk mengawal dan memastikan janji-janji Pak Jokowi saat kampanye terpenuhi. Ada 75 janji yang diucapkan, bukan hanya di Papua, namun juga di berbagai daerah lain di Indonesia. Mentika Education telah menjalin kerjasama dengan Pokja Papua sejak bulan September 2015 lalu dalam hal pengembangan pendidikan untuk masyarakat Papua. Program pendidikan ini meliputi peningkatan kualitas pendidikan mulai dari kualitas manajemen sekolah, guru, proses belajar serta sarana dan prasana pendukung di sekolah.

Ada 3 program di mana Mantika Education terlibat di dalamnya, yaitu program pembenahan SMK di Kais, Sorong Selatan, program sekolah pionir untuk desa-desa terpencil yang juga di Distrik Kais, Sorong Selatan, serta program Tongmaju. Tongmaju diambil dari bahasa setempat yang berari kita maju. Tongmaju adalah program yang memanfaatkan teknologi internet untuk membantu daerah dalam hal pemberdayaan masyarakat. Tongmaju sendiri adalah modifkasi dari program BLC (broadband learning center) PT Telkom. PT Telkom melalui CSR nya telah berkomitmen menyediakan BLC untuk Tongmaju di 12 wilayah yang berbeda di Papua dan Papua barat. Adapun program pendidikan melalui fasilitas Tongmaju adalah guru berbagi, di mana guru di Jakarta atau daerah lain berbagi pengalaman dengan guru yang ada di Papua. Kegiatan lainnya adalah guru dari luar Papua bisa mengajar sebuah kelas di Papua dan terjadwal, serta kegiatan bersama antar anak murid.

Pendidikan di Papua masih banyak tertinggal dari daerah lain hampir dalam semua lini. Dengan hadirnya Tongmaju diharapkan paling tidak ada alternatif lain dalam meningkat kualitas pendidikan di Papua.

 

Pelatihan Guru di berbagai Daerah

Foto: Kegiatan pelatihan guru di Riau

Mantika Education telah melakukan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru di berbagai wilayah di Indonesia sejak Januari sampai dengan April 2016. Pelatihan ini terdiri dari 3 tema yaitu menjadi guru hebat yang di dalamnya berisi metode mengajar, manajemen kelas, penilaian dan portfolio. Tema yang kedua lebih spesifik pada literasi dan cara mengajar membaca menggunakan buku berjenjang dengan berbagai metode, termasuk menggunakan buku besar. Tema yang ketiga adalah pelatihan menulis buku berjenjang untuk guru di mana hasil dari karya guru-guru tersebut dapat memperkaya koleksi bahan ajar yang sesuai dengan konteks lokal.

Pelatihan pertama berlangsung di Riau dari tanggal 28 Januari - 8 Februari yang berlangsung di 3 tempat berbeda, yaitu Teluk Aur, Pangkalan Pisang dan Air Molek. Pelatihan berlangsung 4 batch selama masing-masing 2 hari dengan peserta 60 orang di setiap batch.

Setelah Riau pelatihan berlanjut ke Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Total 15 batch pelatihan yang dilakukan sepanjang Januari sampai April dengan jumlah peserta rata-rata 60 orang per pelatihan yang berdurasi 2 sampai 3 hari tersebut. Semua pelatihan ini dibiayai oleh CSR perusahaan lokal dan dana BOS.